UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DESA MOJOWIRYO KECAMATAN KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO

SULIYATI, SULIYATI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS ANAK MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DESA MOJOWIRYO KECAMATAN KEMLAGI KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (314kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)

Abstract

Kemampuan sains pada 16 anak pada Kelompok B TK. Dharma Wanita Desa Mojowiryo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto masih kurang. Hal ini terlihat ketika guru memberikan pertanyaan bagaimana memindahkan benda dari tangan, mencoret-coret, menyusun balok, menggunting, menulis dan sebagainya anak masih malu-malu, bingung dan kurang antusias untuk menanggapi perintah dari guru. Terkait dengan permasalahan yang terjadi pada Kelompok B TK. Dharma Wanita Desa Mojowiryo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto tersebut, peneliti ingin menggunakan kegiatan , sebagai solusi agar kemampuan sains anak meningkat. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah. (1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan sains anak dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada Kelompok B TK. Dharma Wanita Desa Mojowiryo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto (2) Untuk mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan sains anak dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada Kelompok B TK. Dharma Wanita Desa Mojowiryo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan sains anak melalui pendekatan inkuiri terbimbing. Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B TK. Dharma Wanita Desa Mojowiryo Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan sebanyak 39.58 %, sedangkan aktivitas anak mengalami peningkatan sebesar 37.55 % dan kemampuan ekspresi mengalami peningkatan sebesar 25.00 %, dimana pada siklus I memperoleh prosentase 47.92 % menjadi 100.00 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan sains, inkuiri terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 26 Apr 2021 12:36
Last Modified: 26 Apr 2021 12:36
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item