UMSurabaya Repository

Model Pengembangan Kurikulum Siswa Cerdas Istimewa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Sujinah, Sujinah (2012) Model Pengembangan Kurikulum Siswa Cerdas Istimewa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 40 (2). pp. 246-262. ISSN 0854-8277

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal)
Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (3MB) | Preview
[img] PDF (Peer Review)
Download (75kB)

Abstract

Layanan untuk siswa cerdas istimewa yang tidak disediakan layanan diferensiasi disebut dengan gifted student without gifted program. Bahaya yang diprediksikan akan muncul bagi siswa cerdas istimewa dengan layanan normal yaitu siswa mengalami underachievement. Untuk itu diperlukan model pengembangan kurikulum berdiferensiasi. Artikel ini memaparkan kurikulum yang digunakan di sekolah penyelenggara kelas siswa cerdas istimewa; model kurikulum yang dikembangkan; serta mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Pengembangan dilakukan dengan memadukan model RDR dengan R2D2 dengan adaptasi, modifikasi, dan atau transformasi tertentu. Teknik pengumpulan data dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, angket, dan observasi. Model yang dikembangkan yakni model pengembangan kurikulum dengan prosedur : Pemendiknas Nomor 22 Tahun 2006, Identifikasi, Eskalasi, Esensi, Pemetaan, Pengorganisasian dan Alokasi waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: cerdas istimewa, model kurikulum, kevalidan, kepraktisan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Pascasarjana
Depositing User: SUJINAH SUJINAH SUJINAH
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:27
Last Modified: 28 Nov 2023 06:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item