Sujinah, Sujinah (2012) Model Pengembangan Kurikulum Siswa Cerdas Istimewa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 40 (2). pp. 246-262. ISSN 0854-8277
![Artikel Jurnal [thumbnail of Artikel Jurnal]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Model_Pengembangan_Kurikulum.pdf
Download (148kB)
![Hasil Cek Plagiasi [thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]](https://repository.um-surabaya.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)
Cek_Plagiasi_MODEL_PENGEMBANGAN_KURIKULUM_SISWA_CERDAS_ISTIMEWA_MATA_PELAJARAN_BAHASA_INDONESIA.pdf
Download (3MB)
Peer Review Buku Model Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan SIswa CI.pdf
Download (75kB) | Preview
Abstract
Layanan untuk siswa cerdas istimewa yang tidak disediakan layanan
diferensiasi disebut dengan gifted student without gifted program. Bahaya yang
diprediksikan akan muncul bagi siswa cerdas istimewa dengan layanan normal yaitu
siswa mengalami underachievement. Untuk itu diperlukan model pengembangan
kurikulum berdiferensiasi. Artikel ini memaparkan kurikulum yang digunakan di
sekolah penyelenggara kelas siswa cerdas istimewa; model kurikulum yang
dikembangkan; serta mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya.
Pengembangan dilakukan dengan memadukan model RDR dengan R2D2 dengan
adaptasi, modifikasi, dan atau transformasi tertentu. Teknik pengumpulan data
dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, angket, dan observasi. Model yang
dikembangkan yakni model pengembangan kurikulum dengan prosedur :
Pemendiknas Nomor 22 Tahun 2006, Identifikasi, Eskalasi, Esensi, Pemetaan,
Pengorganisasian dan Alokasi waktu.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerdas istimewa, model kurikulum, kevalidan, kepraktisan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Pascasarjana |
Depositing User: | Dr. Sujinah, M.Pd. |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 04:27 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 06:52 |
URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5326 |