UMSurabaya Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-ISLAM KELAS VIII A MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS SREENCAST O-MATIC DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GADUNG SURABAYA

Jannati, Putri Fila Cahya (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-ISLAM KELAS VIII A MENGGUNAKAN METODE BLENDED LEARNING BERBASIS SREENCAST O-MATIC DI SMP MUHAMMADIYAH 4 GADUNG SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (341kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Putri Fila Cahya Jannati. Peningkatan Hasil Belajar Al-Islam Kelas VIII A Menggunakan Metode Blended Learning Berbasis Screens O-Matic di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Skripsi, Surabaya: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya. Dengan metode pembelajaran yang selalu monoton dan cenderung membosankan bagi siswa ditambah lagi yang masih minimnya media pembelajaran berbasis teknologi di era perkembangan teknologi semakin pesat menjadikan semangat dan hasil belajar siswa masih kurang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan guru PAI, dokumentasi dan tes pada siswa. Dari hasil penelitian, proses pembelajaran menggunakan metode blended learning berbasis screencast o-matic dalam pembelajaran PAI materi adab makan dan minum berjalan dengan baik dan efektif karena didukung dengan menggunakan media screencast o-matic. Minat belajar siswa pada materi adab makan dan minum setelah menggunakan metode blended learning berbasis screencast o-matic telah meningkat, dilihat dari indikator minat belajar yang meliputi perasaan senang, perhatian belajar, dan partisipasi pada siklus I yang diperoleh 74,87 % dengan kategori kurang, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 12,68 % dengan perolehan 87,50 % dengan kategori baik, dan pada siklus III meningkat 0,79 % dengan memperoleh 88,39 % yang sudah berkategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Blended Learning, Screencast O-Matic, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 10 Aug 2021 09:59
Last Modified: 10 Aug 2021 09:59
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5440

Actions (login required)

View Item View Item