UMSurabaya Repository

Analisis Desain Perpustakaan Sekolah Pada Tingkat Budaya Literasi Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surabaya

Asy'ari, Asy'ari (2019) Analisis Desain Perpustakaan Sekolah Pada Tingkat Budaya Literasi Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2). pp. 170-180. ISSN 2528-4967 - 2548-219x

[img]
Preview
PDF (Artikel)
Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Cek Plagiasi)
Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang desain perpustakaan terhadap minat baca siswa SMP Muhammadiyah 10 kelas VII A. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner atau angket dengan pertanyaan yang relevan. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif melalui presentasi dengan cara frekuensi dibagi dengan jumlah responden dikali 100%. Hasil penelitian terbukti desain perpustakaan berperan penting terhadap minat baca siswa sehingga diperoleh rata-rata desain dan fasilitas perpustakaan 2.86, kelengkapan koleksi buku 2.93 dan pelayanan perpustakaan yaitu 2.71 dengan jumlah total seluruhnya 2.83. Perpustakaan memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan minat baca. Jadi desain yang menarik sesuai kebutuhan membaca akan membawa pembaca pada suasana yang menyenangkan. Terlihat ketika siswa dioperpustakaan merasa nyaman dan senang tentuknya tidak lepas dari penataan interior ruangan dan peletakan buka yang rapi dan mudah untuk dicari. Di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya terus berupaya melakukan perbaikan dengan desain desaib yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: desain, perpustakaan, minat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: ASY'ARI ASY'ARI ASY'ARI
Date Deposited: 02 Dec 2021 10:59
Last Modified: 02 Dec 2021 10:59
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5588

Actions (login required)

View Item View Item