Reliani, S.Kep.Ns., M.Kes and Uswatun Hasanah, S.Kep.,NS.,M.Kes and Muhammad Ibrohim, S.Kep.,Ns and Jihan Robbaniyah, S.Kep.,Ns
(2019)
Pemberdayaan Kemampuan Perawat Anak Menggunakan Biblioterapi Terhadap Tingkat Kecemasan Hospitalisasi Pada Anak Usia Sekolah Di Ruang Marwah IIC Rumah Sakit Umum Haji Surabaya.
Project Report.
Universitas Muhammadiyah Surabaya.
(Unpublished)
Abstract
Rawat Inap atau hospitalisasi pada klien anak dapat menyebabkan cemas dan
respon maladaptif pada semua tingkatan usia. Penyebabnya dipengaruhi oleh
banyak faktor, baik faktor dari petugas (perawat, dokter, dan tenaga kesehatan
lainnya), tindakan invansif yang dilakukan, lingkungan baru maupun keluarga yang
mendampingi selama perawatan. Keadaan ini dapat menurunkan sistem kekebalan
tubuh anak sehingga dapat menghambat proses penyembuhan. Media yang efektif
dalam upaya peningkatan sistem kekebalan tubuh anak adalah biblioterapi, dimana
anak dapat melalui proses belajar (perception, learning, emotion). Tujuan
pengabdian ini adalah untuk menganalisis pengaruh biblioterapi terhadap ringkat
kecemasan hospitalisasi anak usia sekolah. Target pada pengabdian ini yaitu anak
usia sekolah yang berada di ruang marwah IIC Rumah Sakit Umum Haji Surabaya
sebesar 21 orang anak yang mengalami kecemasan. Hasil didapatkan sebelum
diberikan biblioterapi, di dapatkan sebagian besar anak usia sekolah yang dirawat
di Ruang Marwah IIC Rumah Sakit Umum Haji Surabaya mengalami kecemasan
sedang. Sedangkan Sesudah diberikan biblioterapi, didapatkan sebagian besar anak
usia sekolah yang di rawat di Ruang Marwah IIC Rumah sakit Umum Haji
Surabaya mengalami kecemasan ringan. Biblioterapi berpengaruh terhadap tingkat
kecemasan hospitalisasi pada anak usia sekolah di Ruang Marwah IIC Rumah sakit
Umum Haji Surabaya.
Kata Kunci : Biblioterapi, Kecemasan Hospitalisasi, Anak Usia Sekolah
Actions (login required)
|
View Item |