UMSurabaya Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DESIGN APLIKASI GAME FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C ALPHA KUMARA WARDHANI II DAN SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA

Hastuti, Ririn (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN DESIGN APLIKASI GAME FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN MEMBACA PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB/C ALPHA KUMARA WARDHANI II DAN SDN AIRLANGGA 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (294kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab 6)
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keterbatasan neurologis seperti cacat otak dan kekurangmatangan secara fisik merupakan salah satu yang dapat menyebabkan anak retardasi mental ringan tidak berhasil dalam meningkatkan kemampuan membaca. Hambatan yang dialami anak retardasi mental mengalami kesulitan dalam berbahasa, khususnya pada aspek membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh design Aplikasi Game Flash Card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-experimental Design dengan menggunakan pendekatan One group pre test-post test design. Populasi dan sampelnya adalah seluruh siswa retardasi mental ringan kelas 1-3 berjumlah 30 anak di SDLB/C Alpha Kumara Wardhana II dan SDN Airlangga 1 Surabaya. Metode sampling menggunakan Non Probability Sampling jenis Total Sampling. Ada variable independent (Pembelajaran menggunakan Game Flash Card) dan variable dependent (Peningkatan Membaca). Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, kemudian dianalisa menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat signifikan ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukan : terdapat 3 responden (10%) memiliki kategori sangat baik, 18 responden (60%) memiliki kategori baik, 8 responden (26.7 %) memiliki kategori cukup, dan 1 responden (3.3 %) memiliki kategori kurang. Sehingga pada analisa statistic dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test menunjukkan p = 0,000 < α (0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran menggunakan game flash card terhadap peningkatan membaca pada anak retardasi mental ringan. Peneliti berikutnya agar dapat menerapkan inovasi terbaru dalam pembelajaran pada anak retardasi mental ringan dan menganalisis peningkatan membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game Flash Card, Kemampuan Membaca, Anak Retardasi Metal
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 04. Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Keperawatan
Depositing User: Ika Budiyanti
Date Deposited: 17 Feb 2022 11:48
Last Modified: 17 Feb 2022 11:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item View Item