UMSurabaya Repository

ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE BUZZ GROUP DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA SD

Maulidiya, Maulidiya and Badruli, Martati and Deni Adi, Putra (2023) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE BUZZ GROUP DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7 (1). pp. 393-400. ISSN P-ISSN: 2620-5807; E-ISSN: 2620-7184

[img] PDF (Artikel)
Download (193kB)
[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran kolaboratif tipe buzz group dalam hal peningkatan keaktifan siswa SD salah satunya pada mata pelajaran PPKn yang cenderung kurang disukai oleh siswa SD, kajian pada artikel ini berfokuskan pada keaktifan siswa SD terhadap pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe buzz group. Penelitian menggunakan metode diskriptif kualitatif. subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Surabaya. sumber data terdiri dari hasil wawancara dengan guru menggunakan lembar wawancara guru, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dalam proses pembelajaran siswa cenderung kurang tertarik dan bosan dengan proses pembelajaran karena meode yang digunakan hanya ceramah dan monoton. Hasil penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keaktifan siswa sd terhadap pelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran kolaboratif tipe buzz group. Sehingga peneliti melakukan penelitian ini agar siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Keaktifan siswa sangat berperan penting dalam proses pembelajaran dan hasil belajar.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Badruli Martati
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:02
Last Modified: 08 Mar 2023 10:02
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6292

Actions (login required)

View Item View Item