Badruli, Martati (2018) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENUMBUHKAN NILAI MORAL SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal), 2 (1). pp. 14-22. ISSN P-ISSN : 2581-1800 E-ISSN : 2597-4122
PDF (Artikel)
Download (382kB) |
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1MB) |
Abstract
Pokok pikiran keempat Pembukaan UUD 1945 mewajibkan pemerintah dan para penyelenggaran negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan memegang teguh cita-cita moral rakyat yang luhur. Cita-cita luhur bangsa Indonesia tersebut tertuang dalam pasal 3 Undang-Undang No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Tujuan tersebut dapat dilaksanakan melalui mata pelajaran PKn yang dapat mendukung pendidikan dalam menjadikan warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Karena seorang guru-setiap kata, pikiran, tindakan dan asosiasinya menjadi berarti bagi siswa. Untuk itu guru perlu memiliki kemampuan menerapkan model-model pembelajaran inovatif. Salah satu model pembelajaran yang baik digunakan adalah pembelajaran kooperatif. Slavin menyatakan pembelajaran koperatif, memiliki banyak perbedaan bentuk (tipe), tetapi semuanya melibatkan siswa yang bekerja dalam kelompok kecil atau tim yang saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi akademik. Dalam model pembelajaran kooperatif dapat ditemukan pendidikan nilai moral yaitu: siswa belajar sesuatu, terdapat penghargaan terhadap kelompok, tanggung jawab perseorangan, kesempatan yang sama untuk berhasil, belajar itu menyenangkan, bekerja berpasangan, bekerja kelompok dan lain - lain. Kata kunci: model pmbelajaran, PKn, guru, kooperatif, nilai moral
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Badruli Martati |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 12:53 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 12:53 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6384 |
Actions (login required)
View Item |