UMSurabaya Repository

Peran Akademisi Dalam Mengedukasi Masyarakat untuk Menghadapi Pandemi Covid-19

Badruli, Martati (2021) Peran Akademisi Dalam Mengedukasi Masyarakat untuk Menghadapi Pandemi Covid-19. In: Kontribusi Kampus Untuk Negeri di Era Pandemi. Edulitera, pp. 291-323. ISBN ISBN : 978-623-6146-42-2

[img] PDF (Artikel)
Download (1MB)
[img] PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (6MB)
[img] PDF (Peer Review)
Download (1MB)

Abstract

Anak bukan orang dewasa dalam badannya yang kecil, mereka adalah pribadi dengan karakteristik tersendiri. Memiliki dunia yang berbeda dengan orang dewasa, sesuai dengan pertumbuhan fisik dan perkembangan jiwanya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, anak mendapatkan pendidikan pertama dan utama di keluarga. Pendidikan keluarga membawa pengaruh kuat atau mewarnai anak sampai dewasa bahkan sampai maut menjemput. Artinya pendidikan dalam keluarga akan membentuk karakte1 watak atau sifat pada anak, sehingga peran orang tua sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Pendidikan dalam keluarga dapat diberikan dengan bermain, demikian juga di sekolah. Anak perlu bermain dan belajar secara seimbang, sebagai cara melakukan sosialisasi di masyarakat. Sosialisasi merupakan kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk sosial. Dengan kemampuan sosialisasi yang baik maka dimungkinkan anak akan sukses di dalam kehidupannya, dapat mewujudkan individu yang memberikan manfaat seluas- luasnya bagi sesama. Belajar disebut juga sebagai basis kemajuan masyarakat di masa depan. Perkembangan diciptakan oleh individu dengan didasari oleh kemampuan belajar dan kapasitas untuk menciptakan penemuan baru yang perlu diwariskan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Item Type: Book Section
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Buku > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Badruli Martati
Date Deposited: 20 Mar 2023 09:39
Last Modified: 13 Jun 2023 01:57
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6404

Actions (login required)

View Item View Item