Soemantri, Sandha and Efendi, Junaidi Fery (2022) Penerapan Magical Book Geometry Voice Interaction Sebagai Sarana Belajar Matematika Bagi Penyandang Tuna Netra Masa Pandemi di SMPLB-A YPAB, Surabaya. JAPI: Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 7 (1). pp. 85-94. ISSN 2548-3463
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
- Published Version
Download (2MB) |
|
PDF (Artikel Sandha JAPI)
- Published Version
Download (453kB) |
Abstract
Tahun 2020 menjadi tahun yang berat karena pandemi Covid-19 yang membuat difabel sebagai salah satu kelompok masyarakat yang terdampak serius. Kendala paling besar bagi difabel dalam pandemi Covid-19 adalah terbatasnya akses mobilitas. Seharusnya dalam situasi pandemi saat ini, siswa penyandang tunanetra memiliki media pembelajaran sendiri dirumah yang sifatnya konkrit dan memiliki nilai praktis dalam penggunanya. Oleh karena itu media pembelajaran tetap berorientasi pada pembelajaran berbasis aplikatif dan interaktif guna menjaga stabilitas belajar siswa. Magical Book Geometry Voice Interactionmerupakan media konkrit berbasis audio visual yang dikombinasikan textbraille bagi siswa SMPkhususnya materi bangun ruang. Dari implementasi media, kemampuan kognitif siswa tunanetra kelas IX di SMPLB-A YPAB Surabaya meningkat, guru dan siswa juga semakin termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | SANDHA SOEMANTRI |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 09:17 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 09:17 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/6576 |
Actions (login required)
View Item |