SUBAIDAH, IRMA (2019) PENGARUH PERMAINAN BERHITUNG TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK RAUDLATUL ULUM PADEMAWU PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (566kB) |
Abstract
Metode permaianan berhitung dapat digunakan untuk mengembangkan kemanpuan kognitif anak, sehingga secara mental anak siap mengikuti pelajaran matematika lebih lanjut di sekolah dasar. Permainan berhitung juga diperlukan untuk membentuk sikap logis, kritis cermat, kreatif dan disiplin pada anak usia dini anak. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan ini adalah adakah pengaruh permainan berhitung terhadap pengembangan kognitif anak kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan berhitung terhadap kemanpuan kognitif anak kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Penilitian ini berjenis quasi experiment maka penelitian dilakukan di dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen, masing-masing mengambil 20 orang anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2018 pada siswa kelompok B semester II Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Instrument yang digunakan adalah tes pretasi. Untuk mengukur kendali dan instrument pada penelitian ini digunakan content validity dengan cara instrument disesuaikan dengan indikator kemanpuan kognitif Pendidikan Anak Usia Dini kelompok. B Sedangkan teknik yang digunakan untuk menguji reliability instrument adalah teknik single test double trial. Try out-nya dilaksanakan pada bulan Maret 2018 pada siswa kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan Tahun Ajaran 2018-2019. Kemudian insttrument diujikan pada kedua kelompok dan hasil dari analisis data diperoleh t = 4,063> t tabel 1,72. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode permainan berhitung memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan kognitif anak kelompok B di Pendidikan Anak Usia Dini Raudlatul Ulum Pademawu Pamekasan 2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Drs. Wahyono, M.Si ; 2. Tri Kurniawati, S.Gz., M.Kes |
Uncontrolled Keywords: | Metode Permaianan Berhitung Kognitif Anak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:26 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:26 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7566 |
Actions (login required)
View Item |