UMSurabaya Repository

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DUSUN KETOK DESA TUNGGALPAGER KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO

KHUSAINI, KHUSAINI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA KELOMPOK B TK. DHARMA WANITA DUSUN KETOK DESA TUNGGALPAGER KECAMATAN PUNGGING KABUPATEN MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (2MB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Usia 4-6 tahun merupakan masa peka bagi anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak. Melihat situasi belajar mengajar di kelompok B pada TK. Dharma Wanita Dusun Ketok Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto selama ini pada perkembangan kemampuan sosial emosional dalam hal sabar menunggu giliran, bertepuk tangan dan mau berbagi teman sudah berkembang dengan baik. Terkait dengan permasalahan tersebut peneliti ingin meneliti sebagai solusi agar kemampuan sosial emosional anak meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan aktifitas guru dan anak ketika kegiatan dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan sambil menyanyi. 2) Untuk mendeskripsikan kegiatan dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan sambil menyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas guru. (b) Lembar observasi aktivitas anak. dan (c) Lembar observasi kemampuan sosial emosional anak. Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B TK. Dharma Wanita Dusun Ketok Desa Tunggalpager Kecamatan Pungging Kabupaten Mojokerto (b) Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) (c) Rencana Kegiatan Harian (RKH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktifitas guru mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 77,78 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 88,89 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 100 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. 2) Aktifitas anak mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 33,34 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 55,56 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 88,89 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen. 3) Kemampuan sosial emosional anak mengalami peningkatan dari Siklus I pertemuan 1 sebesar 46,67 persen, pada Siklus I pertemuan 2 naik menjadi sebesar 73,34 persen pada Siklus II pertemuan 1 naik menjadi sebesar 100 persen dan pada Siklus II pertemuan 2 naik menjadi 100 persen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing: 1. DR. M. Ridlwan, M.Pd ; 2. Ratno Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: sosial emosional, menyanyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Sabitah Ari Murti Akmal
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:53
Last Modified: 27 Jul 2023 03:53
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7576

Actions (login required)

View Item View Item