MISYAMI, MISYAMI (2019) UPAYA MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI MELALUI METODE KISAH QUR’ANI DAN NABAWI PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD BINA TARUNA KECAMATAN PAMEKASAN KABUPATEN PAMEKASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (554kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, yaitu Pendidikan anak usia dinia dalah suatu pembinaan yang ditunjukkan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah Bagaimanakah upaya Meningkatkan Akhlak Terpuji Melalui Metode kisah Qur’ani dan Nabawi Pada Anak Kelompok A di Paud Bina Taruna Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2018-2019. Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui cara Meningkatkan Akhlak Terpuji Melalui Metode Kisah Qur’ani dan Nabawi Pada Anak Kelompok A di Paud Bina Taruna Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2018-201 9. Penelitian ini di laksanakan tanggal 4 Februari sampai 9 Maret 2019 dengan subyek penelitian kelompok A yang berjumlah 23 anak. Dengan komposisi 11 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian hasil belajar yang berupa indikator yang diteliti pada kegiatan bercerita, hasil wawancara dengan guru kelompok A. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa metode kisah qur’ani dan nabawi dapat meningkatkan pengembangan pembiasaan akhlak terpuji pada anak secara klasikal dari 23 anak, mendapatkan jumlah nilai rata-rata nilai A dan nilai B pada pengembangan pembiasaan akhlak terpuji pada siklus 1 (54,76%) dan siklus 2 (86,93%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengenbangan pembiasaan akhlak anak dapat meningkat melalui kegiatan bercerita dengan metode kisah qur’ani dan nabawi, sesuai dengan criteria kesuksesan lebih dari atau sama dengan 75% dari ketuntasan, yang berarti metode kisah qur’ani dan nabawi dapat meningkatkan pengembangan pembiasaan akhlak terpuji kelompok A di Paud Bina Taruna Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen Pembimbing: 1. Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd ; 2. Wardah Suweleh, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Upaya peningkatan Akhlak, Metode Kisah Qur’ani dan Nabawi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Sabitah Ari Murti Akmal |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 06:09 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:09 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7599 |
Actions (login required)
View Item |