UMSurabaya Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA KELOMPOK A RA. PERWANIDA SUMOBITO JOMBANG

Muhayaroh, Enik (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA KELOMPOK A RA. PERWANIDA SUMOBITO JOMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (533kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (105kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (157kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (150kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Penerapan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar untuk meningkatkan kecerdasan linguistik pada kelompok A RA. Perwanida Sumobito Jombang, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Drs. Wahono, M.Si. Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan kecerdasan linguistik anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar dan setelah menggunakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar pada kelompok A RA. Perwanida Sumobito Jombang (2) mendeskripsikan interaksi pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar terhadap kecerdasan linguistik pada kelompok A RA. Perwanida Sumobito Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok A RA. Perwanida Sumobito Jombang sebanyak 18 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat Perbedaan kecerdasan linguistik anak yang diajar sebelum menggunakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar dan setelah menggunakan pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar pada kelompok A RA. Perwanida Sumobito Jombang; 2) Terdapat Interaksi pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf bergambar terhadap kecerdasan linguistik pada kelompok A RA. Perwanida Sumobito Jombang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: DOSEN Pembimbing I: Drs. Wahono, M.Si. Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kartu huruf bergambar, kecerdasan linguistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Adhi Dewantara
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:13
Last Modified: 27 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item View Item