Penerapan kegiatan origami dalam pembelajaran untuk meningkatkan, Elok Qoriatur (2020) PENERAPAN KEGIATAN ORIGAMI DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA KELOMPOK A RA. HIDAYATUL HIKMAH LOLAWANG NGORO MOJOKERTO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (PENDAHULUAN)
Download (517kB) |
|
PDF (BAB 1)
Download (187kB) |
|
PDF (BAB 2)
Download (179kB) |
|
PDF (BAB 3)
Download (151kB) |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (72kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (415kB) |
Abstract
Penerapan kegiatan origami dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada kelompok A RA. Hidayatul Hikmah Lolawang Ngoro Mojokerto, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Drs. Wahono, M.Si. Pembimbing II: Wardah Suweleh, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah. (1) Mendeskripsikan perbedaan kemampuan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan kegiatan origami dalam pembelajaran dan setelah menggunakan kegiatan origami dalam pembelajaran pada kelompok A RA. Hidayatul Hikmah Lolawang Ngoro Mojokerto (2) mendeskripsikan interaksi kegiatan origami dalam pembelajaran terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok A RA. Hidayatul Hikmah Lolawang Ngoro Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparatif dan eksperimental. Desain eksperimen kuasi time series one-group Pre-Test-Post-Test dengan obyek penelitian pada kelompok A RA. Hidayatul Hikmah Lolawang Ngoro Mojokerto sebanyak 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes menggunakan media WhatsApp. Analisis data menggunakan teknik Analisis Varians Dua Arah (Two Ways Anava) yaitu pengujian ANOVA yang didasarkan pada pengamatan dua kriteria. Dari hasil analisis disimpulkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan motorik halus anak yang diajar sebelum menggunakan kegiatan origami dalam pembelajaran dan setelah menggunakan kegiatan origami dalam pembelajaran pada kelompok A RA. Hidayatul Hikmah Lolawang Ngoro Mojokerto; 2) Terdapat Interaksi kegiatan origami dalam pembelajaran terhadap kemampuan motorik halus pada kelompok A RA. Hidayatul Hikmah Lolawang Ngoro Mojokerto
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Dosen pembimbing Drs. Wahono, M.Si Wardah Suweleh, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | origami, kemampuan motorik halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 07:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 07:24 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/7610 |
Actions (login required)
View Item |