RAHMAWATI, EMA (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PENGENALAN ANGKA MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DI KELOMPOK B TK BULAN SURABAYA TAHUN AJARAN 2019 - 2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (PENDAHULUAN)
Download (3MB) |
|
PDF (BAB 1)
Download (2MB) |
|
PDF (BAB 2)
Download (2MB) |
|
PDF (BAB 3)
Download (2MB) |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Media kartu angka merupakan sarana guna meningkatkan kemampuan kognitif dalam pengenalan angka pada anak, dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak beragam cara dapat dilakukan. Diantaranya melalui media kartu agar anak menjadi tertarik dan pembelajaran menjadi maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research), karena dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan dengan teknik Observasi dan Dokumentasi. lembar observasi yang terdiri dari: (a) Lembar observasi aktivitas anak dan (b) Lembar observasi kemampuan kognitif pengenalan angka. Sedangkan dokumentasi yang diambil antara lain: (a) Daftar nama anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Bulan Surabaya (b) Rencana Program Pembelajaran Mingguan (RPPM) (c) Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), dan (d) Foto kegiatan. Hasil kemampuan kognitif pengenalan angka meningkat melaui penggunaan media kartu angka ditunjukkan pada hasil observasi pada pra tindakan pra tindakan rata-rata nilai anak-anak sebesar 2,31, dimana artinya dari 15 anak terdapat 6 anak (40,00%) yang kemampuan kognitifnya berkembang. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai anak-anak sebesar 3,05, dimana artinya 12 anak (80%) dari 15 anak yang kemampuan kognitifnya berkembang sesuai harapan dan sangat baik, ini membuktikan penggunaan media kartu angka sebagai instrumen dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Bulan Surabaya. Penggunaan media kartu angka sebagai instrumen dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka pada kelompok B di Taman Kanak-kanak Bulan Surabaya. Penelitian ini menggunakan media kartu angka yang menarik berupa gambar dan animasi serta memberikan reward kepada anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini ditunjukkan pada observasi siklus I dimana sudah ada peningkatan kemampuan kognitif anak dari 15 anak terdapat 8 anak (53,33%) berkembang kemampuan kognitifnya namun belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) 70%. Sedangkan pada siklus II dengan menggunakan media kartu angka yang menarik dan reward, hasilnya 12 anak (80%) dari 15 anak yang kemampuan kognitifnya berkembang sesuai harapan dan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I: Ratno Abidin, M.Pd., Pembimbing II: Naili Sa'ida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | emampuan kognitif, media kartu angka, pengenalan angka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | Adhi Dewantara |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 09:56 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 09:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8169 |
Actions (login required)
View Item |