UMSurabaya Repository

Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016

Rizki, Anis Asfinata (2016) Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (PENDAHULUAN)
Download (882kB)
[img] PDF (BAB 1)
Download (256kB)
[img] PDF (BAB 2)
Download (543kB)
[img] PDF (BAB 3)
Download (334kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika kelas VIII-C di SMP Muhammadiyah 10 Surabaya menunjukkan bahwa hasil belajar matematika masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya penerapan model pembelajaran sehingga kurang terjalinnya interaksi antar siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran, peningkatan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas dua pertemuan dan satu pertemuan yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 10 Surabaya. Data diperoleh dari observasi, tes, kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari sebelum tindakan sebesar 31,82% menjadi 40,91% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II sebesar 81,82% dengan rata-rata 83,95. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 80% dan telah mengalami kenaikan setiap siklusnya. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA) meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 10 Surabaya Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1:Dra. Chusnal Ainy, M. Pd. Dosen Pembimbing 2:Shoffan Shoffa, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Means–Ends Analysis (MEA), hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Library Science 2
Date Deposited: 24 Jan 2024 09:08
Last Modified: 24 Jan 2024 09:08
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/8694

Actions (login required)

View Item View Item