UMSurabaya Repository

Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kolaborasi Peserta Didik Kelas X 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya Melalui Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS)

AM, Andi Nurul Aisyah (2024) Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kolaborasi Peserta Didik Kelas X 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya Melalui Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (609kB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (315kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (408kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Creative Problem Solving (CPS); 2) mendeskripsikan kemampuan kolaborasi peserta didik setelah penerapan model Creative Problem Solving (CPS); 3) Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran pembelajaran model Creative Problem Solving (CPS); 4) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS). Jenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent (Pre test and Post test) Control-Group Design. Sampel penelitian yaitu kelas X2 dan X3 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya berdasarkan teknik Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, teknik lembar observasi dan lembar angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik menggunakan Ujit. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model Creative Problem Solving (CPS) pada materi ekosistem dengan nilai N-Gain 0,73 dalam kategori “tinggi”; (2) Ada perbedaan kemampuan kolaborasi setelah penerapan model Creative Problem Solving pada materi ekosistem ditunjukkan dengan nilai rerata persentase pada pertemuan pertama 69% dan pertemuan kedua 76% kategori baik; (3) pembelajaran model Creative problem Solving (CPS) terlaksana dengan modus kategori sangat baik; (4) Penerapan model Creative Problem Solving (CPS) mendapat respon sangat baik dengan persentase sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 31 Jul 2024 06:39
Last Modified: 31 Jul 2024 06:45
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9437

Actions (login required)

View Item View Item