UMSurabaya Repository

Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Pada Materi Virus Dalam Melatih Keterampilan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Siswa

Fitria, Lailatul (2024) Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Pada Materi Virus Dalam Melatih Keterampilan Komunikasi Dan Berpikir Kritis Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img] PDF (Pendahuluan)
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
Download (213kB)
[img] PDF (Bab 2)
Download (232kB)
[img] PDF (Bab 3)
Download (308kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kelayakan E-LKPD berbasis literasi sains, (2) Mendeskripsikan keefektifan ELKPD berbasis literasi sains, (3) Mengetahui efesiensi E-LKPD berbasis literasi sains berkaitan respon siswa, dan (4) Mendeskripsikan kepraktisan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis literasi sains dalam melatih keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa pada materi virus. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi analysis, design, develop, implementation , dan evaluate. Penelitian E-LKPD berbasis literasi sains ini melibatkan siswa SMAM 10 Surabaya dari kelas X, dengan jumlah populasi sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validasi, uji coba perangkat, observasi dan teknik angket. Data dianalisis secara kuantitatif. Skor N-Gain digunakan untuk menganalisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan modus skor 4, (2) E-LKPD berbasis literasi sains sangat efektif dalam melatih keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-Gain sebesar 0,79 dan cukup efektif dalam melatih keterampilan komunikasi dengan nilai N-Gain sebesar 0,59, (3) E-LKPD berbasis literasi sains efisien berkaitan respon positif siswa dengan persentase 69,8%, dan (4) penggunaan E-LKPD dalam pembelajarn yang dilakukan sangat praktis dengan modus skor 3. Kesimpulan: (1) E-LKPD berbasis literasi sains pada materi virus sangat layak dalam melatih keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa, (2) Pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis literasi sains pada materi virus sangat praktis dalam melatih keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa, (3) E-LKPD berbasis literasi sains pada materi virus sangat efektif dalam melatih keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-Gain sebesar 0,79 dan cukup efektif dalam melatih keterampilan komunikasi siswa dengan nilai NGain sebesar 0,59, dan (4) E-LKPD berbasis literasi sains efisien berkaitan respon siswa pada pembelajaran menggunakan E-LKPD dengan materi virus dalam melatih keterampilan komunikasi dan berpikir kritis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Moch. Adi Candra
Date Deposited: 02 Aug 2024 07:08
Last Modified: 02 Aug 2024 07:08
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/9464

Actions (login required)

View Item View Item