UMSurabaya Repository

PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BERHITUNG PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK–KANAK AL QUR AN NURUL HUDA GALIS PAMEKASAN

Imamah, Ummul and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Ratno Abidin, S.Pd., M.Pd. (2015) PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BERHITUNG PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TAMAN KANAK–KANAK AL QUR AN NURUL HUDA GALIS PAMEKASAN. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (78kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika anak melalui peningkatan keterampilan spasial di TK Al Qur an Nurul Huda Galis Pamekasan. Pengaruh kemampuan spasial dipilih karena dapat mendorong anak-anak untuk meningkatkan matematika prestasi anak-anak belajar. keterampilan spasial anak-anak yang diperoleh secara bertahap, mulai dari pengenalan objek melalui persepsi dan kegiatan anak-anak di lingkungan. Pada awalnya, kemampuan spasial anak belum menunjukkan pengetahuan konseptual hubungan spasial. Dalam menentukan lokasi dari posisi objek dan orientasi dalam ruang, anak itu masih menggunakan patokan sendiri. Dengan bertambahnya usia, benchmark berkembang menjadi patokan seseorang dan patokan objek. Bentuk analisis, ada dua macam, yaitu analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif karena data yang diperoleh dapat diwujudkan dalam bentuk angka. Studi ini menemukan bahwa ada hubungan positif antara kemampuan spasial dan prestasi akademik dalam matematika baik kemampuan spasial total, dan kemampuan spasial dan spasial kemampuan Euclidean topologi kecuali pada kemampuan spasial proyektif, tidak menemukan hubungan yang positif dengan jumlah prestasi siswa. Untuk studi berikutnya harus menggunakan ruang tes kemampuan dan tes matematika yang lebih berkaitan dengan apa yang Anda ingin mengukur. Selain itu, faktor kecerdasan anak perlu diukur dengan tes kecerdasan. Juga ide yang baik untuk melakukan penelitian tentang hubungan antara kemampuan spasial dan menghitung jenis kelamin yang berbeda. Kata kunci: Kemampuan Spasial, Prestasi Belajar, Mahasiswa Nurul Huda

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 17 Nov 2017 07:16
Last Modified: 17 Nov 2017 07:16
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item