MUKHIBBAH, ROKHMATUL and Dra. Chusnal Ainy, M. Pd and Wahyuni Suryaningtyas , S.Si., M.Si. (2014) PENERAPAN STRATEGI MEANINGFUL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS. AL AMIN KRIAN PADA MATERI BANGUN DATAR. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (288kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (174kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (221kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (316kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (199kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
Abstract
Proses pengajaran di kelas VII MTs. Al Amin menggunakan metode ceramah. Guru menjelaskan suatu topik dengan membahas definisi, lalu menjelaskan rumus-rumus yang terkait dengan topik tersebut, kemudian diikuti dengan membahas contoh soal dan diakhiri dengan meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan. Pembelajaran tersebut mengakibatkan siswa kurang aktif. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa tidak tercapai secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar matematika, aktivitas, dan respon siswa kelas VII MTs. Al Amin Krian tentang penerapan strategi meaningful learning dalam pembelajaran matematika pada materi bangun datar segiempat. Berdasarkan uraian di atas peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi meaningful learning dalam pembelajaran matematika di kelas VII MTs. Al Amin krian pada materi bangun datar segiempat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data penelitian, ketuntasan belajar siswa meningkat, pada siklus I yaitu 60,98% dan siklus II meningkat menjadi 78,05%. Keaktifan guru 67,97% pada siklus I dan 80,47% pada siklus II. Keaktifan siswa siklus I yaitu 51,22% dan siklus II yaitu 75,61%. Respon siswa 75,61% yang menyatakan setuju dalam angket. Dari hasil tersebut, penelitian ini mencapai indikator keberhasilan dan dapat disimpulkan bahwa strategi meaningful learning dapat dilakukan dan diterima oleh siswa dalam pembelajaran matematika pada Materi Bangun Datar Segiempat. Kata Kunci: strategi belajar, meaningful learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 320 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 08:36 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 08:36 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1367 |
Actions (login required)
View Item |