UMSurabaya Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DI DALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAM 7 SURABAYA

ROMNDONI, ROMNDONI and Drs. Abd. Ghoni, M.Kes and Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DI DALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAM 7 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (802kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab1)
Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (405kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (86kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Romndoni, 2015. Efektivitas Pembelajaran Biologi di Dalam Kelas dan di Luar Kelas dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa di SMAM 7 Surabaya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surabaya. Pembimbing I: Drs. Abd. Ghoni, M.Kes., Pembimbing II: Dr. Wiwi Wikanta, M.Kes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pembelajaran biologi di dalam kelas dan di luar kelas dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa di SMAM 7 Surabaya. Di dalam penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan True Experimental Desing dengan rancangan posttest only control design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X2 sebagai kelompok perlakuan dan siswa kelas X3 sebagai kelompok kontrol. Sampel diambil secara acak dari tiga kelas yang ada. Data hasil penelitian ini diolah dengan metode statistik uji-T pada α ꞊ 5%. Hasil analisis data menggunakan uji-T menghasilkan nilai signifikan 0.000, ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Efektivitas, di Dalam Kelas, di Luar Kelas, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 320 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2017 05:17
Last Modified: 07 Nov 2017 05:48
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item