Mamlu’atun Ni’am, Anisatul and Miftahul Arifin , Drs . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI GUIDEDTEACHING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA BIDANG STUDIFIQIH DI MI FATHUL KHOIR SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahulan)
Download (449kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (468kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (540kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (296kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (115kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi Guided Teaching, Pemahaman Siswa Dalam kegiatan belajar bagi setiap individu ini tidak selamanya dapat berlangsung secara wajar, terkadang dapat menangkap dengan cepat apa yang dipelajarinya, terkadang amat sulit, demikian antara lain kenyataan yang kita jumpai pada anak didik dalam kehidupan sehari-hari dalam kaitannya dengan aktivitas belajar. Sedangkan setiap individu memang tidak ada yang sama, perbedaan individual ini pula yang menyebabkan perbedaan tingkah laku belajar dan pemahaman dikalangan anak didik berbeda-beda. Maka dalam keadaan di mana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, itulah yang disebut dengan kesulitan belajar. Mengingat karakteristik mata pelajaran fiqih, maka akan diteliti teknik pembelajaran aktif guided teaching dalam mengoptimalisasikan pemahaman siswa. Dalam hal ini juga didukung dengan adanya strategi belajar guided teaching yang ditawarkan oleh Melr Silberman dan telah digunakan di MI FathulKhoirDupak Rukun I Surabaya, di sini guru menjadi fasilitator dalam membimbing siswa. Strategi guided teaching ini sendiri adalah dimana seorang guru mengarahkan siswa untuk memahamisebuah materi pelajaran dengan memberikan pertanyaan yang mempunyai alternatif jawaban kemudian didiskusikan dengan membentuk kelompok terlebih dahulu dan nantinya akan dijelaskan oleh guru. Pemahaman adalah mencakup kemampuan untuk menangkap makna dan arti dari bahan yang dipelajari.Dan pemahaman siswa yang dimaksud alah sejauh mana penguasaan siswa pada materi pelajaran, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Skripsi ini meneliti tentang pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa pada bidang studi fiqih. Ada tiga rumusan masalah yang digunakan penulis sebagai acuan pengumpulan datanya, yaitu: bagaimana penggunaan strategi guided teaching pada bidang studi fiqih di MI Fathul Khoir Dupak Rukun I Surabaya?, bagaimana pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MI FathulKhoirDupak Rukun I Surabaya?, bagaimana pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MI FathulKhoirDupak Rukun I Surabaya? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bersifat korelasional dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, angket, dokumentasi dan tes pemahaman siswa (tes formatif).Dan penulis mencoba menjawab pertanyaan pada rumusan masalah dengan menggunakan analisis deskriptif yang mana penjabaran hasil data dihitung dengan nilai frekuensi prosentase relative dan nilai rata-rata. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa digunakan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan stategi guided teaching strategi guided teaching pada bidang studi fiqih di MI FathulKhoirDupak Rukun I Surabayadalam kategori baik sekali. Sedangkan pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MI FathulKhoirDupak Rukun I Surabayajuga baik sekali. Begitu juga dengan pengaruh penggunaan strategi guided teaching terhadap pemahaman siswa pada bidang studi fiqih di MI FathulKhoirDupak Rukun I Surabayatermasuk dalam kategori baik sekali atau terdapat pengaruh yang sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 10:10 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 10:10 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1387 |
Actions (login required)
View Item |