Kurniasih, Dewi and Dr. M. Ridlwan, M.Pd. and Pheni Cahya, S.Pd, M.Pd (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI DENGAN METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS X.APk-1 (ADM. PERKANTORAN) SMK TRI TUNGAL SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2015-2016. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (576kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (213kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (281kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (328kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (846kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (202kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil refleksi awal dapat diketahui bahwa kemampuan membedakan fakta dan opini siswa kelas X.APk-1 SMK Tri Tunggal Surabaya rendaah. Rerata nilai kemampuan membedakan fakta dan opini sebesar 63,20, sedangkan pencapaian KKM baru mencapai 20,00%. Timbulnya permasalahan di atas disebabkan oleh (1) siswa belum mengetahui ciri-ciri fakta dan opini, (2) siswa kurang teliti dalam membaca, (3) siswa kurang rajin untuk membaca, (4) proses belajar mengajar yang masih monoton dan membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka peneliti memutuskan untuk meningkatkan kemampuan membedakan fakta dan opini siswa kelas X.APk-1 SMK Tri Tunggal Surabaya tahun pelajaran 2015-2016 melalui metode pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini menggunakan dua siklus yang setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian adalah SMK Tri Tunggal Surabaya. Data yang digunakan dengan menggunakan tes dan observasi yang selanjutnya data tersebut diolah dengan menggunakan teknik deskriptif dengan bantuan statistik. Berdasarkan analisis data pada siklus I dapat diketahui rerata nilai kemampuan membedakan fakta dan opini sebesar 72,70 dan pencpaian KKM mencapai angka 50,00%, rerata kemampuan membedakan fakta dan opini pada siklus II sebesar 83,90 dan pencapaian KKM mencapai angka 90,00%. Refleksi awal dengan siklus I terdapat kenaikan rerata kemampuan membedakan fakta dan opini 9,50 dan kenaikan pencapaian KKM sebesar 30,00%. Siklus I dan siklus II terdapat kenaikan nilai kemampuan membedakan fakta dan opini siswa sebesar 11,20 dan kenaikan pencapaian KKM sebesar 40,00%. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan kemampuan membedakan fakta dan opini siswa kelas X.APk-1 SMK Tri Tunggal Surabaya tahun peljaran 2015-2016. Kata Kunci: Fakta dan Opini, Course Review Horay
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 06:12 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 06:12 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1402 |
Actions (login required)
View Item |