Wardani, Retno Kusuma and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BAHAN ALAM TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI PPT CITRA ANANDA KECAMATAN SEMAMPIR SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (PENDAHULUAN)
Download (107kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 1)
Download (186kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 2)
Download (233kB) | Preview |
|
|
PDF (BAB 3)
Download (266kB) | Preview |
|
PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only Download (87kB) |
||
PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Model pembelajaran pusat menyediakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran dan merangsang munculnya kreativitas dan inovasi. Hal ini tercermin melalui kegiatan yang membuat anak tertarik, fokus, serius dan terkonsentrasi. Model Learning Center adalah model pembelajaran yang menekankan pusat bermain pada saat belajar. Pusat bermain adalah area aktivitas yang dirancang di dalam atau di luar kelas, berisi berbagai aktivitas bermain dengan bahan yang dibutuhkan dan disusun berdasarkan kemampuan anak sesuai dengan tema yang dikembangkan dan dirancang terlebih dahulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dari penelitian kuantitatif. Penelitian yang difokuskan pada penyajian data berupa angka atau kualitatif yang dicurigai (scoring) dengan menggunakan statistik. Kondisi lingkungan subyek penelitian tidak dapat dikendalikan oleh peneliti. Sehingga hasil penelitian tidak murni dari percobaan yang telah dilakukan. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil kreativitas anak antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga dapat mempengaruhi model pusat materi alami terhadap kreativitas anak. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data penelitian, disimpulkan bahwa ada model pusat bahan alami untuk kreativitas anak usia dini di PPT Citra Ananda Di dekat kabupaten Surabaya. Dengan demikian bantuan dan dukungan belajar dari model pembelajaran pusat bahan alami membantu kegiatan belajar melalui bermain sehingga menjadi alternatif pembelajaran dan solusi untuk memudahkan anak-anak yang memiliki energi gerak berlebihan atau sebaliknya dan kreativitas anak dapat dikembangkan. sesuai dengan usia dan perkembangan. PPT Citra Ananda Dekat dengan Kabupaten Surabaya. Pengembangan pusat bahan alami anak di PPT Citra Ananda Di dekat kabupaten Surabaya meningkat sebesar 15,3%. Kata kunci : sentra bahan alam, kreativitas anak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD |
Depositing User: | b b putri |
Date Deposited: | 26 Nov 2017 15:05 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 13:11 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1474 |
Actions (login required)
View Item |