UMSurabaya Repository

Pelaksanaan Supervisi Klinis Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Ma’arif Ketegan Taman Sidoarjo

Ilmiyah , Zahrul (2016) Pelaksanaan Supervisi Klinis Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Ma’arif Ketegan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (147kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 5)
Download (51kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Guru merupakan salah satu sumber daya pembangunan pendidikan dan penentu keberhasilan dalam pendidikan. Kualitas/mutu pendidikan tergantung dari kapasitas/kemampuan yang dimiliki seorang guru. Maka dari itu guru dituntut untuk selalu berupaya meningkatkan kinerjanya. Potensi sumber daya guru itu perlu terus menerus bertumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara profesional dan hal ini diperlukan perhatian yang secara terus menerus dan berkesinambungan. Dan dalam upaya meningkatkan kinerja guru inilah maka program supervisi klinis menduduki kedudukan yang sangat penting. Supervisi klinis adalah suatu bimbingan yang tertuntun atau terencana oleh kepala sekolah untuk mengetahui kapasitas guru yang sebenarnya dengan cara memberikan solusi atau bantuan agar guru tersebut dapat berkembang dan mampu meningkatkan kinerjanya. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis di SD Ma’arif Ketegan Taman Sidoarjo, (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan supervisi klinis di SD Ma’arif Ketegan Taman Sidoarjo, (3) Apa dampak dari pelaksanaan spervisi klinis di SD Ma’arif ketegan Taman Sidoarjo. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis di SD Ma’arif Ketegan Taman Sidoarjo, untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan supervisi klinis dan untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan supervisi klinis di SD Ma’arif Ketegan Taman Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research atau penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pelaksanaan supervisi klinis terhadap kinerja guru PAI di SD Ma’arif Ketegan dengan melalui tiga tahap yaitu tahap pertemuan awal, tahap observasi mengajar, dan tahap pertemuan balikan. (2) Faktor-faktor yang mendukung dalam pelaksanaan supervisi klinis adalah adanya dukungan dari segenap civitas sekolah mulai dari pengelola sekolah, kepala sekolah sampai dengan guru yang bersangkutan. Sedangkan faktor yang menghambat yaitu masalah waktu pelaksanaan supervisi klinis yang telah ditentukan ternyata ada agenda lain di sekolah sehingga dibatalkan padahal guru yang bersangkutan telah mempersiapkan diri,(3) Dampak dari pelakasanaan supervisi klinis yang dirasakan guru PAI adalah meningkatnya kemampuan kompetensi profesional guru. Guru PAI mulai memperbaiki proses belajar mengajarnya sehingga dapat meningkatkan kinerjanya dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis, Kinerja Guru PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 319 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2017 08:32
Last Modified: 25 Jul 2018 03:51
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item