UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK

Andarukmi, Tri and Endah HendarwatI, S.E,M.Pd and Aris Setiawan, S.Sn.,M.Pd (2017) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (240kB) | Preview
[img] PDF (BAB 1)
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (BAB 2)
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (BAB 3)
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah anak belum mempunyai kepercayaan diri untuk mengungkapkan isi hatinya (pendapat, sikap, gagasan, perasaan, dan pikiran) dalam bentuk rangkaian kata secara lisan, karena anak masih takut dan malu sehingga tidak berani untuk tampil di depan kelas. Anak masih takut untuk berbicara di depan guru dan teman-temannya sehingga anak terbata-bata dalam mengungkapkan pendapatnya. Dalam berinteraksi dengan lingkungan sosialnya anak belum menunjukkan kemandiriannya..Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kegiatan bercerita terhadap kepercayaan diri anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan menggunakan One-Group Pre-Test-Post-Test Design. Populasi dari penelitian adalah anak PPT Anggrek Bulan Surabaya. Kelompok B dengan jumlah anak 24; kelas eksperimen 12 anak dan kelas kontrol 12 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok dinyatakan terdistribusi normal (0,693>0,05) untuk kelompok eksperimen dan (0,912> 0,05) untuk kelompok kontrol. Dari uji homogenitas di dapat kedua kelompok bersifat homogen (0.07>0,05). Hasil uji-t menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan (p < 0,05) pada df 22. Pada keberanian tampil di depan kelas (0,048<0,05), t hitung > t tabel (4,005>2,048) sedangkan pada kelancaran berbicara di depan orang lain (0,01< 0,05), t hitung > t tabel (5,007>2,048) dan pada kemandirian berinteraksi dengan lingkungannya (0,01<0.05), t hitung > t tabel (5,007>2,048). Nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen adalah sebesar 11,67 dan untuk kelompok kontrol sebesar 8,58 Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan metode bercerita mempunyai pengaruh positif terhadap kepercayaan diri anak kelompok B di PPT Anggrek Bulan Surabaya. Kata kunci : metode bercerita, kepercayaan diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:55
Last Modified: 28 Nov 2017 03:55
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item