Khusnul Khotimah, Anik and Dr.M Arfan Muammar, , M.Pd.I (2015) PENGARUH PEMBIASAAN SHOLAT BERJAMAAH TERHADAP KESADARAN SHOLAT LIMA WAKTU SISWA MI SAFINDA SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (580kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (219kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (442kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (163kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (86kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
Abstract
Kata Kunci : Sholat berjamaah Dan Kesadaran Sholat Lima Waktu Pembiasaan sholat berjamaah menjadi salah satu aspek penting bagi kesadaran siswa dalam melaksanakan sholat lima waktu , dalam hal ini selain siswa terbiasa melaksanakan sholat berjamaah, juga diharapkan dengan ibadah sholat siswa mencerminkan sikap selalu taat dan patuh. Kondisi itu idealnya akan memberi rangsangan positif terhadap siswa untuk melaksanakan tuntunan sholat dengan penuh kesadaran dan kekhusuan dalam upaya membentuk manusia yang aktif dan disiplin dalam beribadah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian terhadap siswa yang menggunakan Angket untuk mengetahui hasil nilainya . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembiasaan sholat berjamaah terhadap kesadaran sholat lima waktu. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi Penelitian dilakukan di MI SAFINDA Surabaya yang subjeknya berjumlah 30 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembiasaan sholat berjamaah terhadap kesadaran sholat lima waktu siswa MI SAFINDA Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dari perhitungan menggunakan rumus korelasi Product Moment pada taraf signifikansi 5 %. Sedangkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya, peneliti menggunakan rumus korelasi Product Moment . Diperoleh hasil perhitungan rxy sebesar 0,538. Hasil ini terletak pada rentang antara 0,400- 0,700, hasil tergolong “Cukup”. Sehingga dapat disimpulkan pembiasaan sholat berjamaah terhadap kesadaran sholat lima waktu siswa tergolong “Baik”. Dari uraian diatas penulis dapat memberikan saran agar para pendidik hendaknya memperhatikan kegiatan siswa baik disekolah maupun di luar sekolah, terutama dalam masalah beribadah karena hal ini dapat menunjang ketaatan dan ketaqwaan mereka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 08:56 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 08:56 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
View Item |