Fahrudin, Mohammad (2015) Hubungan peran Guru PAI dengan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) di MI. Raden Rahmat Karangrejo Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (403kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (403kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (319kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (270kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (160kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
Abstract
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan adalah bagaimana proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai siswa. Pembelajaran mandiri merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga penting untuk memiliki sikap mandiri oleh siapapun yang ingin meraih kesuksesan dalam hidup. Penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: (1) apakah ada hubungan peran guru dalam kemandirian belajar siswa di kelas Subyek Pendidikan Islam Kelas V MI RadenRahmatKarangrejo Surabaya, (2) betapa besarnya hubungan kemandirian siswa dalam Islam. Mata Pelajaran Pendidikan V MI RadenRahmatKarangrejo Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi untuk mengetahui hubungan antara variabel pertama dengan variabel kedua. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan rumus rumus rumus rumus, product moment untuk mendapatkan analisis data aktual dan kedalaman sesuai dengan topik penelitian mengenai hubungan saling ketergantungan peran guru dalam mengarahkan pembelajaran siswa dalam Studi Agama Islam (PAI). Periset menemukan bahwa hasil penelitian ini terlebih dahulu, hubungan peran guru dalam mengarahkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Islam di MI RadenRahmatKarangrejo Surabaya menunjukkan hal positif yang terlihat dari presentase 61% - 80% tergolong baik. Kedua, kemandirian belajar siswa di kelas Pendidikan Agama Islam V di MI RadenRahmatKarangrejo tahun akademik Surabaya 2014-2015 dinilai cukup meningkat terlihat dari perhitungan persentase 41% - 60% yang cukup baik. Ketiga, ada hal positif bagi peran guru dalam mengarahkan siswa belajar mata pelajaran kemandirian Pendidikan Islam. Hal ini terbukti dari tabel pada nilai r dan interpretasi hasil yang diperoleh adalah 0,424 dan tabel interpretasi pada nilai r = 0,40- 0,70 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat korelasi moderat atau moderat sehingga memiliki pengaruh dampak positif yang cukup tinggi. Jadi hipotesis kerja (Ha) tidak dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Maka tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap peran guru dalam mengarahkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Islam di MI RadenRahmatKarangrejo Surabaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran guru, Pembelajaran Kemerdekaann, Pendidikan Islam (PAI) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 09:04 |
Last Modified: | 25 Jul 2018 07:37 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1626 |
Actions (login required)
View Item |