Mesnawi, Mesnawi and Mulyono Najamuddin,, M.Pd.I (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IQRA’ DI SDN JEPARA I - SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (474kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (579kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (505kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (206kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
|
PDF (Bab 5)
Download (98kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan mengembangkan pembelajaran,melalui pemantapan pemahaman konsep dan secara khusus tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Manfaat penelitian adalah : {1}.Bagi Guru sebagai bahan untuk mengembangkan sebagai perbaikan – kinerjanya untuk mencapai harapan {2}.Bagi siswa. Manfaat yang dirasakan –adalah secara langsung dapat meningkatkan pemakaian dalam hal membaca dan menulis Al-Qur’an pemahaman yang dimulai dari tahap prabaca.{3}. Bagi peneliti sebagai refrensi pengembangan penelitian berikutnya yang terkait dengan pembelajaran Al-Qur’an.Penelitian ini dilakukan di SDN Jepara I – Surabaya. Metode yang dilakukan adalah metode kualitatif yang bersifat menela’ah, mereduksi,menyimpulkan data dengan menggunakan sampel. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa peningkatan pembelajaran dengan tindakan dapat dilihat dari – hasil tes yang dicapai para murid. Pada akhir pembelajaran,dari hasil tes terungkap bahwa rata-rata nilai murid – pada siklus 1 adalah 5,5 pada siklus 2 adalah 7,5 berdasarkan hasil yang dicapai – oleh murid tersebut kemampuan memahami isi bacaan menunjukkan kualifikasi –baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas,maka disarankan guru memotivasi - murid agar membaca Al-Qur’an disetiap hari. Memberikan pertanyaan-pertanyaan Tentang ilmu tajwid meningkatkan pemahaman murid dalam membaca Al-Qur’an Karena membaca Al-Qur’an itu merupakan bagian dari salah satu ibadah. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif - setrategi pembelajaran membaca Al-Qur’an di SDN Jepara 1 yang menekankan – pada proses pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan mem - baca Al-Qur’an,disarankan guru menguasai setrategi pembelajaran dengan pertanyaan penuntun,baik dalam merencanakan, melaksanakan ,maupun mengevaluasi pembelajaran Kata Kunci: metode iqro’, pengertian metode iqro’,pengertian Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 319 not found. |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 09:52 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 09:52 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/1650 |
Actions (login required)
View Item |