Samijah, Samijah (2017) Pengaruh Penggunaan Teknik Scanning, Motivasi Belajar, dan Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Petemon IX/357 Surabaya. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (264kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (149kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (279kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (158kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (83kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (70kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman selama ini, proses belajar siswa kelas V SDN Petemon IX/357 Surabaya, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Anak cenderung tidak begitu tertarik dengan pelajaran bahasa lndonesia karena selama ini pelajaran bahasa lndonesia dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan aspek kognitif dan penalaran serta dianggap terlalu luas, sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar bahasa lndonesia SDN Petemon IX/357 Surabaya. Secara riil dapat diketahui dari 40 siswa kelas V dalam Ulangan Kenaikan Kelas ( UKK ) mata pelajaran bahasa Indonesia yang mendapat nilai di atas KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75 adalah sebanyak 23 siswa atau sebesar 57,5% kurang dari 60%, sedangkan 17 siswa atau sebesar 42,5% telah mencapai nilai di atas KKM. Dari latar belakang masalah tersebut peneliti dapat merumuskan permasalahan ini. Bagaimana pengaruh teknik scanning, motivasi belajar, kompetensi guru terhadap prestasi belajar pada siswa kelas V SDN Petemon IX/357 Surabaya? Sehingga peneliti dapat mengetahui tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik scanning, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas V SDN Petemon IX/357 Surabaya, baik secara simultan maupun secara parsial. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi beberapa pihak di antaranya: bagi guru lain, bagi siswa , bagi peneliti lain, dan bagi lembaga sekolah. Adapun penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antara dua atau lebih variabel penelitian telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survey, yaitu metode pengumpulan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli. Metode ini memerlukan adanya kontak atau hubungan antara peneliti dengan subyek (responden) penelitian untuk memperoleh data yang diperlukan. Dari hasil uji hipotesis telah diketahui bahwa dari ketiga variabel yang berpengaruh, maka variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel kompetensi guru yang paling besar dari variabel bebas lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Scanning, Motivasi Belajar, Kompetensi Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 25 Feb 2018 03:46 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 05:24 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2113 |
Actions (login required)
View Item |