UMSurabaya Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN STRATEGI MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Indrayani, Panca and Drs. Yarno, M.Pd (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DENGAN STRATEGI MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 4 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (PENDAHULUAN)
Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 1)
Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 2)
Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (BAB 3)
Download (564kB) | Preview
[img] PDF (BAB 4)
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[img] PDF (BAB 5)
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2009/2010, berlatar belakang dari pentingnya menulis bagi anak didik, masyarakat serta minimnya pengetahuan mereka tentang cara penulisan karangan yang benar. Masalah dalam penelitian tersebut dapat dirumuskan: 1) Bagaimana aktivitas guru dalam peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2009/2010? 2) Bagaimana aktivitas siswa dengan adanya peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2009/2010? 3) Bagaimana respon siswa dengan adanya peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya Surabaya tahun ajaran 2009/2010? 4) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun 2009/2010? Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 tahun ajaran 2009/2010? 2)Mengetahui aktivitas siswa dengan cara peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 tahun ajaran 2009/2010? 3) Mengetahui respon siswa dengan adanya peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2009/2010. 4) Mengetahui penguasaan siswa terhadap peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping (peta pikiran) siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2009/2010. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas, media yang digunakan mind mapping (peta pikiran), teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes kemampuan menulis dan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Adapun tempat pelaksanaan penelitian ditentukan di SD Muhammadiyah 4 Surabaya yang bertempat di Jl. Pucang Anom 93 Surabaya. Sedanhkan waktu yang dibutuhkan adalah mulai tanggal 7 April sampai dengan 8 Mei 2010. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menulis dengan strategi mind mapping siswa kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surabaya tahun ajaran 2009/2010 pada siklus I adalah 1) aktivitas guru memperoleh skor 6,9 meningkat pada siklus II memperoleh skor 8,0. 2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 7,2 meningkat menjadi 7,9 pada siklus II. 3) respon siswa pada siklus I memperoleh skor 7,1 meningkat pada siklus II menjadi 8,0. 4) tes kemampuan siswa pada siklus I 6,68 meningkat menjadi 7,11 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: b b putri
Date Deposited: 06 May 2018 03:01
Last Modified: 06 May 2018 03:01
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2336

Actions (login required)

View Item View Item