Hadi, Saiful (2018) Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplemantasikan Manajemen Berbasis Sekolah Di Smp Muhammadiyah 4 Gempol Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
PDF (Pendahuluan)
Download (269kB) |
|
PDF (Bab 1)
Download (184kB) |
|
PDF (Bab 2)
Download (308kB) |
|
PDF (Bab 3)
Download (156kB) |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (238kB) |
|
PDF (Bab 5)
Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (65kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas strategi kepala sekolah mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah di SMP Muhammadiyah 4 Gempol dengan rumusan masalah : 1. Bagaimana Kepala Sekolah mengimplementasikannya ? 2. Bagaimana kendala yang dihadapinya. 3. Bagaimana strategi yang dilakukannya?. Penelitian ini menggunakan empat macam pendekatan yaitu paedagogis, sosiologis, yuridis dan psikologis. Sumber datanya primer dan sekunder. Instrumentnya adalah wawancara, pedoman observasi, cek list observasi, dan dokumentasi. Teknik penelitiannya teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian manajemen berbasis sekolah di SMP Muhammadiyah 4 Gempol ditarik kesimpulan : Kepala sekolah sudah mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah namun pelaksanaannya belum sepenuhnya melaksanakan manajemen berbasis sekolah. Kepala Sekolah sebagai leader menggunakan Managemen Berbasis Sekolah masih perlu perbaikan dan peningkatan mutu guru dan kerjasama yang baik dengan mitra sekolah. Kendala yang dihadapi a)Kurangnya sarana dan prasarana pendidikan b) kurangnya kompetensi guru c) kurangnya dukungan orang tua proses belajar, d) Kurangnya sosialisasi secara intensif dan maksimal, e) kurangnya guru menguasai teknologi. Strategi yang dilakukan dalam mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah yakni a) bekerja sama dengan instansi terkait untuk pengadaan sarana dan prasarana b) meningkatkan Kompetensi Guru dengan mengikutkan guru-guru dalam pelatihan c) bekerja sama dengan orang tua untuk meningkatkan mutu pendidikan, Implikasi penelitian ini diharapkan bagi kepala sekolah dan guru agar selalu melakukan tugas dan fungsinya masing - masing. Kepada guru-guru SMP Muhammadiyah 4 Gempol agar senantiasa berusaha untuk meningkatkan profesionalisme kerja agar kualitas pendidikan sekolah pada khususnya dan pada umumnya dapat menjadi lebih baik, Kepada instansi terkait kiranya memperhatikan pengembangan tiap sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Kepemimpinan, Manajemen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 09. Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Islam |
Depositing User: | Users 840 not found. |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 09:08 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 09:08 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2402 |
Actions (login required)
View Item |