Maulana, Faradila (2018) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode Preview Read Review (P2R) pada Siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (892kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (171kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (208kB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (268kB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (344kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Keterampilan membaca pemahaman dalam sebuah penelitian tindakan kelas merupakan salah satu usaha perbaikan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIISMP Muhammadiyah 1 Surabaya, diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa masih rendah. Rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode yang digunakan kurang tepat dan bervariasi. Menyikapi kondisi tersebut peneliti menggunakan metode Preview Read Review (P2R) dengan harapan siswa mampu meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya yang terdiri atas 35 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan wawancara. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode Preview Read Review (P2R) pada siswa kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018, 2) bagaimana peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode Preview Read Review (P2R) pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya tahun pelajaran 2017/2018, 3) bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan metode Preview Read Review (P2R). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes maupun nontes. Berdasarkan hasil tes membaca pemahaman pada siklus I rata-rata nilai yang dicapai sebesar 56,85 termasuk dalam kategori cukup meningkat menjadi 76 pada siklus II termasuk dalam kategori baik. Hasil nontes menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan bertanggung jawabdalam proses pembelajaran. Siswa senang dan lebih semangat selama mengikuti pembelajaran. Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada peneliti dibidang bahasa Indonesia untuk dapat melakukan penelitian lanjutan dengan metode yang berbeda guna meningkatkan keterampilan membaca pemahaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca pemahaman, metode preview read review (P2R) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 21 Sep 2018 06:02 |
Last Modified: | 21 Sep 2018 06:02 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2471 |
Actions (login required)
View Item |