Wardani, Ariwin Ayu Kusuma (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observer-Explain (POE) Terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem Ma Muhammadiyah 01 Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (676kB) | Preview |
|
PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only Download (205kB) |
||
PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only Download (594kB) |
||
PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only Download (454kB) |
||
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (325kB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (188kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1). Mengetahui bagaimana keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran pada siswa Ma Muhammadiyah 01 Paciran (2). Mengetahui bagaimana keterampilan proses sains siswa Ma Muhammadiyah 01 Paciran setelah di terapkan metode Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem (3). Mengetahui bagaimana penguasaan konsep siswa Ma Muhammadiyah 01 Paciran setelah di terapkan metode Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan “One Group Pre-test Pos-test Design”. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 2 Ma Muhammadiyah 01 Paciran. Tehnik pengumpulan data dilakukan secara tes dan non tes (observasi) menggunakan instrument keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam pembelajaran, lembar pengamatan keterampilan proses sains siswa, pretest dan posttest.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistic uji T. dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: (1). Keterlaksanaan model Predict-Observer-Explain (POE) dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa MA Muhammadiyah 01 Paciran pada kategori sangat baik; (2). Ada pengaruh model Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem terhadap keterampilan proses sains siswa MA Muhammadiyah 01 Paciran; (3). Model pembelajaran Predict-Observer-Explain (POE) pada materi ekosistem berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa. Nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal pada kelas X IPA 2 sebesar 79,31%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Predict-Observer-Explain (POE), Keterampilan Proses Sains, Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 02:41 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 02:41 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2487 |
Actions (login required)
View Item |