UMSurabaya Repository

THE IMPLEMENTATION OF JIGSAW METHOD USING SELFIE PICTURE AS LEARNING MEDIUM TO IMPROVE STUDENT’S WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT OF SEVENTH GRADE STUDENTS IN SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Istikomah, Dewi (2018) THE IMPLEMENTATION OF JIGSAW METHOD USING SELFIE PICTURE AS LEARNING MEDIUM TO IMPROVE STUDENT’S WRITING SKILL OF DESCRIPTIVE TEXT OF SEVENTH GRADE STUDENTS IN SMP MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode jigsaw menggunakan gambar selfie sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis text deskriptif dan untuk mendiskripsikan bagaimana metode jigsaw menggunakan gambar selfie sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa di kelas VIID di SMP Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif data. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan pada kemampuan siswa menulis. Peningkatan tersebut dapat di lihat dalam hasil ujian sebelum implementasi metode jigsaw menggunakan gambar selfie dengan nilai rata rata siswa yaitu 61.4 dan nilai rata rata sesudah implementasi metode jigsaw menggunakan gambar selfie adalah 80.5. Ada peningkatan 31.1% dengan 86.6% siswa yang berhasil mencapai nilai KKM. Di samping itu, hasil dari wawancara,pengamatan dan kuisioner menunjukkan bahwa siswa mudah untuk mengembangkan ide, kaya akan kosa kata dan terbantu dalam memahami tata bahasa. Selain itu, Mayoritas siswa sangat antusias untuk belajar teks deskriptif menggunakan metode jigsaw dengan gambar selfie sebagai media pembelajaran. Dari penjelasan di atas, dapat di simpulkan bahwa metode jigsaw dengan gambar selfie sebagai media pembelajaran telah berhasil di implementasikan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: gambar selfie, jigsaw, teks deskriptif, menulis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2018 09:52
Last Modified: 10 Oct 2018 09:52
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2717

Actions (login required)

View Item View Item