UMSurabaya Repository

THE EFFECT OF THE FOUR MAJOR TEMPERAMENT TYPES AND THE PREFERENCE OF THE GENRES OF LITERATURE TOWARD THE ACHIEVEMENT OF READING AS A FOREIGN LANGUAGE

Nurhalimah, Rita (2018) THE EFFECT OF THE FOUR MAJOR TEMPERAMENT TYPES AND THE PREFERENCE OF THE GENRES OF LITERATURE TOWARD THE ACHIEVEMENT OF READING AS A FOREIGN LANGUAGE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (714kB) | Preview
[img] PDF (Bab 1)
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab 2)
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] PDF (Bab 3)
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Makalah ini menjelaskan tentang penelitian yang mencoba untuk mengeksplorasi efek dari empat jenis temperamen utama (Sanguine, Choleric, Phlegmatic, dan Melancholic) dan preferensi genre sastra terhadap pencapaian membaca sebagai bahasa asing. Oleh karena itu, tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui pengaruh dari empat jenis temperamen utama dan preferensi genre sastra terhadap pencapaian membaca sebagai bahasa asing, (2) untuk mencari variabel yang lebih berpengaruh di antara empat jenis temperamen utama dan preferensi genre sastra terhadap pencapaian membaca sebagai bahasa asing. Populasi (N = 43) dari penelitian adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Surabaya pada tahun akademik 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multiple Linear Regression. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner preferensi membaca yang terdiri dari 20 item dan kuesioner jenis temperamen yang terdiri dari 48 item. Setelah pemberian dua kuesioner ke sampel penelitian, maka peneliti melakukan tes IELTS untuk mendapatkan nilai dari prestasi membaca. Kemudian peneliti menghitungnilai tes berdasarkan dari band score IELTS. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan Multiple Linear Regression di SPSS versi 23.0. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh secara simultan dari variabel Preferensi untuk Fiksi (X1), Preferensi untuk Non-fiksi (X2), dan Jenis Temperamen (X3) terhadapvariabel Prestasi Membaca (Y). Selain itu, hanya ada satu variabel independen yakni preferensi untuk fiksi (X1) yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap variabel dependen. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa variabel preferensi untuk fiksi (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi membaca (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jenis Temperamen; Preferensi Genre Sastra; Prestasi Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2018 02:28
Last Modified: 14 Oct 2018 02:28
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item