Saida, Naili (2018) PERKEMBANGAN REGULASI DIRI ANAK USIA DINI: PERANAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN REGULASI DIRI PADA PEMBELAJARAN. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 5 (2). pp. 110-115. ISSN 2528-3553
|
PDF (Artikel Jurnal)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
- Published Version
Download (583kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan regulasi diri anak usia 4-5 tahun di TK Dhamawanita Persatuan Pucang jajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus pada anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data menggunakan model yang dikemukakan Miles and Huberman yang terdiri dari 3 tahapan: reduksi data, display data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan regulasi diri berkembang secara bersamaan dengan kemampuan berbahasa. Bahasa dapat benar-benar memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana anak-anak mengatur pikiran, emosi, dan perilaku mereka. Bahasa memfasilitasi internalisasi struktur sosial anak dan aturan melalui interaksi mereka dalam dunia sosial di sekitar mereka. Ketika anak-anak berinteraksi dengan orang lain, pemahaman mereka tentang perspektif orang lain dan harapan diperluas. Perspektif ini menunjukkan bahwa bahasa membantu anak-anak memahami pengalaman mereka, serta pengalaman orang lain, dan memang demikian melalui bahasa bahwa anak-anak menghubungkan informasi ini dengan perilaku mereka sendiri. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Regulasi Diri, Bahasa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | NAILI SA'IDA SA'IDA |
Date Deposited: | 07 Feb 2019 05:20 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 08:16 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2995 |
Actions (login required)
View Item |