Saida, Naili (2018) PERKEMBANGAN REGULASI DIRI ANAK USIA DINI: PERANAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN REGULASI DIRI PADA PEMBELAJARAN. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 5 (2). pp. 110-115. ISSN 2528-3553
Jurnal_PG_PAUD_Trunojoyo_Regulasi_Diri.pdf
Download (1MB)
Hasil_Cek_Plagiasi.pdf
Download (1MB)
Perkembangan_regulasi_diri.pdf - Published Version
Download (583kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan regulasi diri anak usia 4-5 tahun di TK
Dhamawanita Persatuan Pucang jajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus pada anak usia 4-5
tahun. Teknik analisis data menggunakan model yang dikemukakan Miles and Huberman yang terdiri dari 3
tahapan: reduksi data, display data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan regulasi diri berkembang secara bersamaan
dengan kemampuan berbahasa. Bahasa dapat benar-benar memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana
anak-anak mengatur pikiran, emosi, dan perilaku mereka. Bahasa memfasilitasi internalisasi struktur sosial anak dan
aturan melalui interaksi mereka dalam dunia sosial di sekitar mereka. Ketika anak-anak berinteraksi dengan orang
lain, pemahaman mereka tentang perspektif orang lain dan harapan diperluas. Perspektif ini menunjukkan bahwa
bahasa membantu anak-anak memahami pengalaman mereka, serta pengalaman orang lain, dan memang demikian
melalui bahasa bahwa anak-anak menghubungkan informasi ini dengan perilaku mereka sendiri.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Regulasi Diri, Bahasa
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | NAILI SA'IDA SA'IDA |
| Date Deposited: | 07 Feb 2019 05:20 |
| Last Modified: | 27 Mar 2019 08:16 |
| URI: | https://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/2995 |
