UMSurabaya Repository

PENGARUH KEDALAMAN KERETAKAN CRANKSHAFT DG III KRI.KERAPU-812 MERK MWM TBD 234 V8 TERHADAP PERFORMANCE MESIN

Ponidi, Ponidi (2019) PENGARUH KEDALAMAN KERETAKAN CRANKSHAFT DG III KRI.KERAPU-812 MERK MWM TBD 234 V8 TERHADAP PERFORMANCE MESIN. MIDSHIP , 2 (1). pp. 13-19. ISSN 2622-7592

[img]
Preview
PDF (Artikel Jurnal) - Published Version
Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Cek Plagiasi)
Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Review)
Download (348kB) | Preview

Abstract

Adanya permasalahan pada engine MWM TBD 232 V 8 untuk Diesel Generator V KRI Kerapu-812 yang mana keluhan custumer ialah engine noisy pada saat beroperasi,dan performance mesin cenderung turun . Setelah dilakukan pembongkaran pada engine tersebut, kemudian pemeriksaan menyeluruh pada engine ini ditemukan permasalahannya adalah satu buah noozle rusak pada screen internal, dan fuel line internal rusak/aus pada ujung contact dengan noozle. Bearing pilot di flywheel pecah. Main bearing pada cap no. 4, 5, dan 6 mengalami perubahan warna, dan bearingnya sudah berputar (spun). Crankshaft ada keretakan pada pin no.2 dan bearing connecting rod no.2 tergores dalam dan banyak partikel besi di oil pan. . Menurut operating instruction for Diesel Engine TBD 232 V8 Indonesian Navy untuk Standarisasi crank pin crankshaft adalah : Ukuran Standart : 89,942 mm – 89,964 mm stage I : 89,692 mm – 89,714 mm ,stage II : 89,442 mm – 89,484 mm ,stage III : 88,692 mm – 88,734 mm, stage IV : 87,692 mm – 87,734 mm, Dengan melihat ukuran maksimum stage IV ,diketahui bahwasanya Crank pin crankshaft hanya bisa digrinding untuk under size makksimum Diameter 87,692 mm sementara keretakan pada kedalaman 3 mm sehingga harus digrinding sampai ukuran diameter 86,942 mm .Dengan demikian diambil kesimpulan Crankshaft sudah tidak direkomendasikan untuk dipasang kembali melainkan harus diganti baru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keretakan crank shaft, pengujian, standarisasi, noozle
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurnal > Fakultas Teknik
Depositing User: PONIDI PONIDI PONIDI
Date Deposited: 29 Aug 2019 07:57
Last Modified: 29 Aug 2019 07:57
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item