UMSurabaya Repository

Penerapan Media Kartu Domino (KADO) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Pantenan Panceng Gresik Pada Materi Aritmatika Sosial

Amaliyah, Evi (2017) Penerapan Media Kartu Domino (KADO) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Pantenan Panceng Gresik Pada Materi Aritmatika Sosial. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (316kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

MTs Muhammadiyah 7 Pantenan menentukan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 65 untuk mata pelajaran matematika. Saat ini nilai matematika pada beberapa siswa masih belum mencapai KKM. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurangnya media dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga penguasaan materi pada bidang studi matematika masih rendah. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri 2 kali pertemuan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Pantenan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes, observasi dan angket. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penggunaan media KADO dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 7 Pantenan. Terlihat dari data sebelum diberi tindakan sebanyak 42,86% siswa tuntas, setelah diberi tindakan pada siklus I sebanyak 61,91% siswa tuntas. Siswa tuntas pada siklus II meningkat menjadi 90,48%. Data aktivitas siswa menunjukkan kategori aktif terlihat dari banyaknya siswa yang bertanya kepada guru jika ada kesulitan dan siswa saling bekerjasama dalam diskusi kelompok. Respon siswa dalam penelitian ini termasuk kategori baik terlihat dari 95,24% siswa yang merespon senang terhadap penerapan media KADO.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Media KADO
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dyah Ayu Sulistyaningtyas
Date Deposited: 20 Aug 2019 07:25
Last Modified: 20 Aug 2019 07:25
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item