UMSurabaya Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITY TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTs M MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO

AZIAN, YUSMI (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR ACTIVITY TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII MTs M MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (570kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Metode pembelajaran outdoor activity (diluar kelas) merupakan metode pembelajaran di luar kelas dan mempunyai sifat yang menyenangkan dimana siswa diberikan kesempatan untuk menuangkan potensi diri sekaligus menyalurkan kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan alam dalam suasana di luar ruangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran outdoor activity terhadap pembentukan karakter sosial dan pemahaman konsep; (2) Kertelaksanaan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran outdoor activity. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian “One Group Pretest-posttes”. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 13 Solokuro. Penelitian dilakukan dengan cara pemberian tes tulis, observasi dan pemberian angket. Analisis data dilakukan secara deskriptis kuantitatif dan Uji- t. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh metode pembelajaran outdoor activity terhadap pembentukan karakter dan pemahaman konsep pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 13 Solokuro. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran outdoor activity berjalan dengan baik. Pemahaman konsep siswa telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata rata sebesar 81.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Activity , Karakter sosial, Pemahaman konsep.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 840 not found.
Date Deposited: 25 Oct 2019 15:37
Last Modified: 25 Oct 2019 15:37
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item