Oktania, Nadia Ari and Wahyuni Suryaningtyas, S.Si., M.Si. and Endang Suprapti, S.Pd., M.Pd. (2016) TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING DENGAN CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA SISWA VII E SMP MUHAMMADIYAH 5 SURABAYA. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (778kB) | Preview |
|
PDF (Bab I)
Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab II)
Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab III)
Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab IV)
Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
||
PDF (Bab V)
Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran di dalam kelas diarahkan kepada kemampuan anak untuk menghafal informasi, otak anak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya untuk dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Akibatnya, kemampuan anak didik hanya pintar secara teoritis, sehingga kurang dalam masalah aplikasi. Maka, untuk menumbuhkan kembali semangat siswa untuk mengikuti pelajaran, meningkatkan kreatifitas, menghindari kejenuhan, mempermudah pemahaman, saling mengutarakan dan bertukar pendapat, serta meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking dengan Creative Problem Solving. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surabaya yang berjumlah 21 siswa dengan instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, soal latihan tes, lembar wawancara siswa, LKS dan RPP. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik yang digunakan yaitu Observasi, metode tes, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas VII E SMP Muhammadiyah 5 Surabaya berdasarkan perwakilan subjek pada TKK Tulis dan TKK lisan, siswa kritis dan kreatif dalam menyelesaikan soal karena lebih mendominasi sebanyak 3 subjek. Kata Kunci : Tingkat Kemampuan Komunikasi, Berpikir Kritis, Kreatifitas, Deep Dialogue/Critical Thinking, Creative Problem Solving.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 09:06 |
Last Modified: | 28 Sep 2017 09:12 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/46 |
Actions (login required)
View Item |