Firdausi, Arie Ludfianti Yulia (2018) Pola Pembinaan Keagamaan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus : Studi Kasus di SMPLB A- Yayasan Pendidikan Anak Buta Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.
|
PDF (Pendahuluan)
Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 1)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 2)
Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF (Bab 3)
Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Ajaran Islam tidak membeda-bedakan antara mereka yang terlahir sempurna maupun yang terlahir dengan memiliki sejumlah kekurangan atau keterbatasan fisik.Pendidikan agama bukan hanya sekedar mengajarkan pengetahuan agama tetapi juga pembinaan sikap pribadinya sampai kepembinaan tingkah laku yang sesuai dengan ajaran agama.Pembinaan keagamaan dapat dilakukan oleh siapa saja yang mempunyai dasar pengetahuan agama yang tinggi tentang agama. Namun tetap harus diperhatikan cara pembinaan keagamaan yang dilakukan oleh orang ataupun lembaga itu seperti apa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembinaan keagamaan bagi anak berkebutuhan khusus di salah satu sekolah luar biasa di Surabaya, tepatnya berapa di SMPLB A-YPAB Surabaya tahun 2018. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pendekatan kualitatif digunakan dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata. Dalam penelitian ini peneliti mengambil jenis penelitian studi kasus untuk sebuah penelitian yang mengekslorasi kehidupan nyata atau kasus melalui pengumpulan data yang detail dan mendalam didalam satu situs saja. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut yang dapat dilihat dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, materi yang disampaikan, dan metode yang digunakan. Kegiatan pembinaan keagamaan diantaranya ada yang berada di dalam kelas, yang seluruh kegiatan menyesuaikan dengan kurikulum Kemendikbud, dan kegiatan ekstrakuler yang didalamnya terdapat beberapa kegiatan seperti baca tulis al-Qur’an menggunakan huruf brille, mempraktekkan ibadah sehari-hari seperti sholat, wudlu, dan tayamum, menceritakan serajah sejarah peradaban nabi melalui cerita dan dongeng. Dari pembinaan keagamaan di SMPLB A-YPAB Surabaya tergolong berhasil, terlihat dari perubahan sikap dalam hal ini adalah akhlak dan ibadah sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan Keagamaan, Anak berkebutuhan khusus, tunanetra |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | 01. Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dyah Ayu Sulistyaningtyas |
Date Deposited: | 16 Oct 2020 10:34 |
Last Modified: | 16 Oct 2020 10:34 |
URI: | http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
View Item |