UMSurabaya Repository

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A TK KATOLIK ST IMMACULATA KEPANJEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

SARIYANTI, KARTIKA (2018) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK KELOMPOK A TK KATOLIK ST IMMACULATA KEPANJEN MALANG TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (436kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] PDF (Lampiran)
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan observasi pelaksanaan pembelajaran pada kelompok A di TK ST Immaculata Kepanjen Malang dalam pembelajaran bahasa pada aspek keterampilan berbicara dari 35 siswa terdapat 16 atau 54,28% anak mendapat skor di bawah KKM. Untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa digunakan metode role playing bercerita dongeng dengan rumusan masalah “Apakah penerapan metode role playing bercerita dongeng dapat meningkatkan aktivitas anak dan keterampilan berbicara anak kelompok A TK ST Immaculata Kepanjen Malang?”. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 35 anak kelompok A TK ST Immaculata Kepanjen Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes lisan dan non tes berupa observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa dengan menggunakan metode role playing berceritera dongeng pada siklus satu 75% meningkat pada siklus dua menjadi 83%. Hasil tersebut sudah memenui indikator keberhasilan yang direncanakan. Selain itu keterampilan berbicara anak secara klasikal pada siklus satu 72,85% meningkat pada siklus dua menjadi 77,14%. Dan sudah mencapai indikator ketuntasan minimal secara klasikal yaitu ≥ 75%, sehingga penelitian dihentikan pada siklus dua. Guru sebaiknya menggunakan metode role playing berceritera dongeng untuk meningkatkan aktivitas anak dan keterampilan berbicara anak dalam pembelajaran berbahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: berbicara, role playing, anak kelompok A,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 01 Dec 2020 12:39
Last Modified: 01 Dec 2020 12:39
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item