MUHAMMAD HAMBAL, SHAFWAN
(2019)
UPAYA MENINGKATKAN CREATIVE INTELLIGENCE (KECERDASAN KREATIF) MELALUI KETERAMPILAN BERTANYA DASAR DI MTS MUHAMMADIYAH WERU PACIRAN LAMONGAN.
Project Report.
UMSURABAYA, SURABAYA.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui peningkatan Creative Intelligence (kecerdasan kreatif) siswa di MTs Muhammadiyah Weru Paciran Lamongan. 2). Untuk mengetahui penerapan keterampilan bertanya dasar di MTs Muhammadiyah Weru Paciran Lamongan. 3). Untuk mengetahui upaya Creative Intelligence (kecerdasan kreatif) siswa melalui keterampilan bertanya dasar di MTs Muhammadiyah Weru Paciran Lamongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (Field reseach), yaitu penelitian yang berorientasi pada pengumpulan data empiris dilapangan, Dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, antara lain: Observasi, Interview, Dokumentasi.
Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa Creative Intelligence di MTs Muhammadiyah 09 Weru Paciran Lamongan berhasil dengan sangat baik. Berdasarkan pada data-data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan hasil analisis data sesuai dengan prinsip-prinsip Creative Intelligence. Hal ini tampak dengan keaktifan siswa dalam bertanya pada guru dan menggapai pertanyaan-pertanyaan pada guru selama proses pembelajaran, serta terbuktikan dengan adanya nilai- nilai yang diperoleh siswa sudah menunjukkan hasil yang memuaskan.
Upaya Meningkatkan Creative Intelligence melalui keterampilan bertanya dasar di MTs Muhammadiyah 09 Weru Paciran Lamongan dalam mengembangkan Creative Intelligence siswa melalui keterampilan bertanya dasar terlihat dengan model pembelajaran yaitu aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Luaran dari penelitian ini adalah: (1) Publikasi ilmiah di Jurnal Ilmiah lokal ber ISSN; (2) Prosiding makalah Seminar ilmiah; (3) Modul tentang upaya meningkatkan creative intelligence (kecerdasan kreatif) melalui keterampilan bertanya dasar.
Actions (login required)
|
View Item |