Dr, Zainal , Arifin M.Pd.I and Saifuddin Umar , Lc and Seno, S.Pd.I
Model Pendidikan Berbasis Qur’an Dan Sunnah Upaya Meningkatkan Peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam Pekalonngan.
Model Pendidikan Berbasis Qur’an Dan Sunnah Upaya Meningkatkan Peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam Pekalonngan.
(Submitted)
Preview |
|
PDF (Model Pendidikan Berbasis Qur’an Dan Sunnah Upaya Meningkatkan Peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam Pekalonngan)
Download (223kB)
| Preview
|
Abstract
Ringkasan
Peradaban Islam pada masa lalu bisa mencapai kejayaan ketika memperhatikan dan mengamalkan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan As-sunnah ). Ketika peradaban tersebut mengabaikan pendidikan yang berbasis wahyu (Al-Qur’an dan Al-Hadits) maka peradaban tersebut akan mengalami kemunduran dan kehancuran. Baghdad misalnya akhirnya runtuh pada tahun 656 H/1258 M karena diserang oleh Hulagu Khan, cucu Genghis Khan. begitu juga dengan Daulah Turki Utsmani akhirnya runtuh pada tahun 1924 M. Saat ini yang terjadi di Irak, Suriah, Palestina, Afghanistan, Myanmar, dimana umat tertindas bahkan mengalami pembantaian besar-besaran hingga saat ini belum juga selesai. Melihat fenomena-fenomena masa lalu dan kondisi saat ini yang terjadi pada diri umat islam, maka penulis bermaksud untuk mengupas model pendidikan yang berbasis Al-Qur’an dan As-sunnah upaya meningkatkan peradaban Islam di SDIT Fajrul Islam kampil wiradesa Pekalongan
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan bagaimana penerapan model pendidikan berbasis Qur’an dan As-sunnah upaya meningkatkan peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam 2. Mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam menerapkan model pendidikan berbasis qur’an dan As-sunnah upaya meningkatkan peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam , 3. Mendeskripsikan prestasi siswa dalam pembelajaran model Pendidikan berbasis qur’an dan As-Sunnah upaya meningkatkan peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam
Sasaran penelitian ini adalah perumusan model Pendidikan berbasis Qur’an dan As-sunnah upaya meningkatkan peradapan Islam di SDIT fajrul Islam. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari catatan dari hasil wawancara yang diperoleh ketika mengobservasi pelaksanaan Model Pendidikan Berbasis Qur’an dan As-sunnah upaya meningkatkan peradapan Islam SDIT Fajrul Islam. Analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif.
Penelitian ini diperoleh hasil bahwa : (1) Penerapan Model Pendidikan Berbasis Qur’an dan As-sunnah sudah dilaksanakan meski terdapat guru yang belum melaksanakan dengan baik (2) Model Pendidikan Berbasis Qur’an dan Sunnah Upaya Meningkatkan Peradapan Islam di SDIT Fajrul Islam dilakukan sejak tahun 2018, dan telah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Penerapan Model Pendidikan Berbasis Qur’an dan Sunnah Upaya Meningkatkan Peradapan Islam masih sebagian kecil bisa dilaksanakan (3) Prestasi dan tanggapan siswa dalam Model Pendidikan Berbasis Qur’an dan As-sunnah, siswa menyatakan senang dengan Model Pendidikan Berbasis qur’an dan As-sunnah meskipun ada sebagian peserta didik belum bisa mempratekan peradapan Islam yang diharapkan tetapi siswa merasa senang dengan model pendidikan berbasis qur’an dan As-sunnah karena peserta didik bisa melaksanakan nilai-nilai keagamaan dengan baik
Actions (login required)
|
View Item |