UMSurabaya Repository

PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY

Gunawan , Ir., MT. and Yuni Gayatri, S.Pd., M.Pd. and Yarno, Drs. M.Pd. and Chusnal Ainy, Dra. MPd and Dwijani Ratnadewi, S.Pd., M.Pd. (2015) PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis : Jurnal Pendidikan , 15 (2). pp. 1-35. ISSN 1412-5889

[img]
Preview
PDF (Artikel) - Published Version
Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Peer Rev) - Published Version
Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Hasil Plagiasi) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan budaya kolaborasi dan kolegialitas melalui Lesson Study (LS) di UMSurabaya. Subyek penelitiannya adalah para dosen FKIP UMSurabaya dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Anak Usia Dini, Ketua masing-masing program studi dan Dekan FKIP UMSurabaya.Penelitia n ini merupakan penelitian deskriptif, dan metode yang digunakan adalah metode survei.Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, wawancara dan kuesioner.Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk memberikan gambaran pelaksanaan LS, dan statistik deskriptif untuk analisis kuesioner.Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya kolaborasi dan kolegialitas nampak padakegiatanplan, do dansee (refleksi). Secara kolaborasi merefleksikan efektivitas pembelajaran dan saling belajar antara anggota Kelompok Bidang Keahlian (KBK). Dosen model lebih banyak berperan untuk melakukan refleksi diri dan mendiskusikan usulan anggota KBK lainnya.Fokus pembicaraan lebih pada materi pembelajaran, metode penyampaiannya.kondisi dan keterlibatan mahasiswa ketika belajar. Semua anggota KBK memaparkan fakta, ide dan saran-saran secara solutif dan konstruktif untuk pengembangan desain mengajar yang lebih baik. Program studi mendukung keterlibatan semua dosen di kegiatan LS dengan cara membentuk tim KBK baru tiap semester dan mengundang semua dosen terkait untuk menjadi observer. Peran LS dalam pembinaan dosen cukup berdampak signifikan terlebih dalam membina dosen baru, menumbuhkan budaya kolaboratif sehingga dosen lebih memperhatikan kualitas perangkat pembelajarannya. Kata kunci: Kolaborasi, Kolegialitas, Lesson Study

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Jurnal > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: DWIJANI RATNADEWI RATNADEWI
Date Deposited: 22 Apr 2021 12:14
Last Modified: 12 Jul 2021 09:01
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5143

Actions (login required)

View Item View Item