UMSurabaya Repository

UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KATA LEMBAGA PADA ANAK KELMPOK A TK DIPONEGORO I WONOSARI MALANG TAHUN PEJARAN 2017/ 2018

IMAMA, NUR (2019) UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE KATA LEMBAGA PADA ANAK KELMPOK A TK DIPONEGORO I WONOSARI MALANG TAHUN PEJARAN 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.

[img]
Preview
PDF (Pendahuluan)
Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 2)
Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Bab 3)
Download (448kB) | Preview
[img] PDF (Bab 4)
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab 5)
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca siswa melalui metode kata lembaga. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Diponegoro 1 Wonosari Malang. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data adalah tes hasil belajar anak dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Proses pembelajaran siklus I guru menerapkan metode kata lembaga dan penggunaan media Big Book. Siklus II guru menerapkan metode kata lembaga, penggunan media Big Book, dan diskusi kelompok. pada siklus III guru menerapkan metode kata lembaga, penggunaan media Big Book, diskusi kelompok dan permainan. Berdasarkan proses pembelajaran siklus I,II dan III dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan dalam Bab IV dapat disimpulkan sebagai berikut: Bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan metode kata lembaga dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan membaca permulaan anak kelompok A TK Diponegoro 1 Malang. Kesemuanya itu telah terbukti dan tak terbantahkan lagi bahwa hasil penelitian dalam setiap siklusnya selalu mengalami peningkatan yakni; Kondisi sebelum penelitian rata-rata nilai anak hanya 65, sedangkan anak yang mencapai Keberhasilan hanya 9 anak atau 36%. Hasil siklus I nilai rata-rata kelas sudah meningkat menjadi 70. Jumlah siswa yang mencapai Keberhasilan sebanyak 13 anak atau sekitar 52% yaitu meningkat sebesar 16%. Hasil Siklus II Nilai rata-rata kelas 78 dan jumlah anak yang mencapai Keberhasilan sebanyak 18 siswa atau sekitar 72% yaitu meningkat sebesar 20%. Siklus III nilai rata-rata kelas 84 dan jumlah anak yang mencapai Keberhasilan sebanyak 23 anak atau sekitar 92% yaitu meningkat sebesar 20%. Hasil siklus I keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan dari hasil pratindakan nilai rata-rata 65 meningkat menjadi 70, dan siswa yang mencapai Keberhasilan sebanyak 52%. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 78 dan anak yang telah mencapai Keberhasilan sebanyak 72%. Siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 84 dengan nilai ketuntasan anak mencapai 92%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kata lembaga dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Dari hasil penelitian tersebut peneliti sarankan bahwa dalam proses pembeajaran sehari-hari sedapat mungkin guru menggunakan metode kata lembaga untuk meningkatkan kreterampilan membaca siswa. selanjutnya siswa aktif dalam belajar mendapatkan pembelajaran yang variatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca permulaan, Metode kata lembaga,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Hananto Bayu Susetyo
Date Deposited: 26 Apr 2021 11:30
Last Modified: 26 Apr 2021 11:30
URI: http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item